Terlalu Banyak Situs Diblokir Membuat Persentase Pengguna VPN Indonesia Tertinggi di Dunia - Indonesia Komunitas Terlalu Banyak Situs Diblokir Membuat Persentase Pengguna VPN Indonesia Tertinggi di Dunia | Indonesia Komunitas

Info

Website kami pindahkan ke www.Indonesia-Komunitas.com Website yang ini hanya sebagai fanspage untuk troubleshoot permasalahan.

0

Pengguna VPN Indonesia Tertinggi di dunia
Berita News

   Indonesia - Komunitas - Pengguna VPN Indonesia Tertinggi di dunia. Pengguna internet di Indonesia sempat dibuat resah dengan blokir yang dilakukan oleh pemerintah terhadap situs-situs seperti Vimeo, Tumblr, dan Reddit. Namun situs-situs tersebut sebenarnya tetap bisa kita akses dengan Virtual Private Network (VPN). Melalui VPN, kita bisa seolah-olah berada di luar Indonesia, sehingga tetap bisa mengakses situs-situs yang diblokir tersebut.

Dan hal ini ternyata sudah bukan rahasia lagi untuk para pengguna internet di Indonesia. Sebuah survei yang diadakan oleh GlobalWebIndex menunjukkan kalau persentase penggunaan VPN di Indonesia mencapai angka 41 persen. Angka ini bahkan merupakan yang tertinggi di dunia, mengungguli Thailand dengan angka 39 persen, serta Brasil, Arab Saudi, Turki, dan Uni Emirat Arab yang masing-masing mencapai angka 36 persen.

Sebuah rahasia umum

Jason Mander, Head of Trends at Market Research dari GlobalWebIndex, mengatakan kalau VPN sering dianggap sebagai sesuatu yang tidak umum. “Padahal, sebenarnya penyebaran VPN sudah sangat luas. Satu dari empat orang di dunia menggunakannya secara rutin,” jelas Jason.

Setiap tahunnya, GlobalWebIndex selalu melakukan survei terhadap 200.000 pengguna internet di 34 negara untuk mengetahui kebiasaan mereka. Salah satu hal yang mereka analisa adalah tren penggunaan VPN, serta alasan mengapa masyarakat tertarik menggunakannya.


Untuk apa orang Indonesia menggunakan VPN?
VPN sebenarnya bisa berfungsi untuk menyembunyikan identitas kita di dunia maya. Namun menurut survei GlobalWebIndex tersebut, alasan utama orang Indonesia menggunakan VPN adalah untuk mengakses situs-situs yang diblokir.

Menurut Jason, penggunaan VPN untuk alasan privasi lebih banyak dilakukan oleh pengguna internet di negara-negara Eropa. “Di negara seperti Cina, Indonesia, dan Thailand, mereka menggunakan VPN untuk mengatasi blokir yang dilakukan pemerintah,” ujar Jason.

Masih menurut survei tersebut, alasan lain masyarakat Indonesia ketika menggunakan VPN adalah untuk mengakses situs yang diblokir oleh tempat mereka bekerja. Beberapa instansi memang biasanya memblokir akses internet ke situs-situs media sosial atau situs untuk mengunduh film dan musik.

VPN juga sering digunakan di Indonesia untuk mengakses situs-situs hiburan seperti Netflix dan Spotify, yang membedakan layanannya di tiap negara. Dengan menggunakan VPN, masyarakat Indonesia saat ini pun sudah bisa menggunakan Spotify, walaupun layanan tersebut baru diluncurkan secara resmi di tanah air pada tanggal 30 Maret 2016 nanti.

Untuk mengakses VPN, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi seperti Tunnelbear dan VyprVPN. Di antara aplikasi tersebut ada yang bisa kamu nikmati secara gratis, namun beberapa hanya bisa kamu gunakan setelah membayar sejumlah uang.


Survei di atas menunjukkan kalau masyarakat Indonesia sebenarnya sudah cukup “pintar” untuk mengakses situs-situs yang diblokir. Dengan begitu, masih efektifkah langkah pemerintah yang berusaha membatasi akses masyarakat Indonesia dengan memblokir situs-situs tertentu?



   Indonesia-Komunitas Newsline | Sumber : Technisia .



Terima Kasih Telah Berkunjung di Website Kami






"Bila ada Pertanyaan, Kritik, Komplen Mengenai Software, Games dan lain-lain dan Jika ada salah satu link download hilang/rusak bisa berkomentar pada website yang telah kami sediakan."






Pengunjung yang baik itu selalu meninggalkan jejak (komentar) :3




Komentar Website Disqus

Terima Kasih telah mengunjungi website kami, Kami akan selalu memberikan yang terbaik bagi anda semua :-)

 
Top